D&D Introduction 5 : Contoh main D&D~

Image result for community d&D
Abed the DM
"Ah penulis cuma nulis buat tutorial nya doang, cara maennya itu gimana dong? masa ga ada dari kemaren-kemaren" - Kalimat dalam hati Pembaca

Penulis yakin banyak yang terbesit dibenaknya kayak gitu. But chill my friend. Hari ini mimin bakal ngasih contoh gimana sebenernya permainan itu.

Oh ya, buat lebih jelasnya salah satu series yang masukin D&D ke salah episodenya adalah Community Season 2 Episode 14 dengan judul Advance Dungeon & Dragons. Boleh langsung di google aja, penulis sangat-sangat-sangat-sangat-sangat rekomendasi buat nonton ini, karena yang disorot benar-benar gameplay nya, bukan sebagai filler saja.

Oke, tanpa basa-basi lagi penulis akan bikin ilustrasi apa aja yang kira-kira terjadi didalam D&D ya. Enjoy!







We Sell our Sword


DM : Selamat datang adventurers di Tavern of Draco, salah Tavern yang paling ramai di kota Springfall. Malam sebelumnya ketika kalian datang ke Springfall, kalian sudah terlalu lelah dan langsung menginap. Pagi hari ketika kalian bangun lalu menyantap sarapan kalian, kalian didatangi sesosok Elf dengan rambut hitam dan pakaian rapi dan mewah.

DM as Elf : Selamat pagi adventurers, apakah benar kalian adventurers? ya dari penampilan kalian memang sepertinya begitu ya. Saya punya pekerjaan buat kalian. Apa kalian tertarik?

Bard : Oh ya? Pekerjaan macam apa bos? 

DM as Elf : Wah, saya sepertinya tidak salah mendatangi kalian. Baiklah, nama saya adalah Agis, saya butuh pengawal untuk menuju desa Fireflower. Saya sekarang hanya seorang diri, dan membawa beberapa barang dengan kereta kuda saya. Tidak jauh, perjalanan hanya memakan waktu 2 hari saja, dan saya akan memberikan 50 gold untuk kalian.

Bard : Hmmm, menarik. Tapi buat itu jadi 75 gold, lalu kami terima pekerjaan itu.

DM : Roll persuasion

Image result for d20 side dice
bentuk d20
Bard : 19 (d20 + Persuasion skill)

DM as Agis : Oke deal. Ayo segera bersiap. Kita akan segera berangkat

DM : Lalu, kalian bersiap-siap lalu segera berangkat. Awal perjalanan kalian, kalian tidak menemukan apa-apa. Perjalannya terkesan monton dan kalian duduk dengan santai diatas kereta kuda. Sekitar jam 3 sore, kalian sudah memasuki daerah hutan, hutan ini cukup lebat dan luas. Lalu pada sore hari di tengah jalan, Agis meminta kalian untuk berkemah.

DM as Agis : Oke, ada baiknya kita berkemah dulu disini. Di daerah utara terdapat sungai, jika tidak merepotkan bisakah kalian mengambil air untuk minum kita dan kuda? Saya akan memasak roti dan daging untuk makan malam kita, namun kita juga butuh kayu untuk api.

DM : Jadi, apa yang mau kalian lakukan?

Bard : Saya akan mengambil air

Barbarian : Saya akan mencari kayu bakar

Paladin : Saya akan mengambil air juga bersama dengan Bard.

DM : oke, untuk bard & paladin silahkan roll Athletic Check.

Bard & Paladin : (Melempar dadu 20 sisi atau disingkat d20, lalu menambahkan Athletic Check).

Bard mendapatkan angka 3 dari d20 ditambah Skill Atlhetic sebesar +1, sehingga total check sekarang adalah 4 (3 + 1) , Sedangkan paladin mendapatkan angka 15 dari d20, ditambah Skill Athletic  sebesar +5, sehingga skor sekarang adalah 20 (15 + 5).

DM : Oke, bard, sewaktu kamu mencoba membawa pulang dua buah ember, kamu tersandung batu didekat kemahmu dan terjatuh, sehingga semua air nya tumpah. Untuk paladin karena kamu cukup kuat dan sudah terbiasa menggunakan otot, kamu berhasil membawa dua buah ember air ke perkemahan kalian.

Untuk Barbarian, silahkan roll survival check. 

Barbarian : 13 (Melempar d20, lalu menambahkan skill Survival pada character sheet)

DM : Baik, barbarian kamu telah mengumpulkan kayu bakar yang kamu pikir sudah cukup hingga pagi.

DM : Selanjutnya, ketika bard & paladin pulang ke kemah, kalian bisa melihat bahwa kereta kuda yang tadinya dibawa Agis sudah tidak ada lagi disana. Yang bisa kalian liat sekarang hanya barang-barang yang tadinya didalam kereta berserakan di tanah. 

Paladin : Saya mau ngecek apakah ada sesuatu yang aneh disini?

DM : Roll investigation 

Paladin : 14 (sama seperti Skill check sebelumnya)

DM : Setelah kamu mengangkat barang-barang yang berserakan tersebut, kamu bisa melihat kalau disana terdapat banyak jejak kaki kecil, seperti jejak goblin, dan kamu juga bisa melihat ada bekas roda kereta kuda masuk ke arah  tengah hutan.

Paladin : Mungkin kita ikutin saja jejak roda tersebut, saya rasa Agis diculik oleh sekelompok goblin.
Image result for paladin 5e
Paladin
Bard & Barbarian : Setuju

DM : Oke, kalian ber-3 berjalan mengikuti jejak tersebut. Sebelum perjalanan dimulai. Bagaimana Marching Order? Siapa yang didepan, ditengah dan di belakang

Barbarian : Saya didepan
Bard : Saya ditengah
Paladin : Saya dibelakang

DM : Oke, kalian masuk ke dalam hutan berjalan mengikuti jejak kereta kuda tersebut. Namun setelah 1 jam berjalan, Barbarian, roll Dexterity Saving Throw.

Barbarian : 8 (Sama seperti sebelumnya, dari d20, namun skill nya di ganti dengan Dexterity Saving Throw)

DM : Barbarian, ketika kamu berjalan, akhirnya kamu jatuh kedalam suatu lobang yang cukup dalam dan menerima 3 bludgeoning damage 
(total damage didapatkan dari dadu yang di roll DM)

Barbarian : Sial, saya tidak mengira bakal ada perangkap disini. Kita harus lebih hati-hati. Paladin bantu saya naik dari lobang.

Paladin : Baik. Sambil menjulurkan tali ke bawah

DM : Oke barbarian, kamu berhasil naik, dan sekarang kalian terus berjalan lagi. Hingga kalian menemukan satu mulut goa, disamping mulut goa itu, kalian bisa melihat ada kereta kuda yang kalian naikin tadi untuk perjalanan

Bard : Ya, saya yakin Agis ada didalam sana. Mari kita selamatkan. Tapi sebaiknya kita berhati-hati ketika memasuki goa tersebut. Kita tidak tau apa yang ada didalam sana.

Paladin : Setuju, ada baiknya barbarian dan saya yang maju duluan. Kamu backup kami dari belakang bard. 

DM : Oke, kalian masuk ke dalam. Ketika kalian masuk ke dalam goa tersebut, kalian bisa melihat 5 ekor goblin sedang melihat hasil rampasan mereka, dan kalian juga bisa melihat Agis terikat penuh luka disisi dalam gua.

Image result for goblin 5e
Goblin

Barbarian : Saya akan masuk dan mengayunkan Greataxe saya ke goblin terdekat.

DM : Oke, goblin tersebut terkejut sehingga Barbarian bisa menyerangnya. Silahkan Roll attack.

Barbarian : 19 (Dari d20 keluar angka 14, dan attack modifier dengan greataxe adalah +5), kena ga?

DM : Kena, silahkan Roll Damage (Attack ini kena karena Barbarian roll attack nya cukup tinggi, dan mungkin sama atau lebih besar daripada Armor Class / AC Goblin.

Barbarian : 9 Slashing Damage (Greataxe punya atribut 1d12+STR, sehingga dadu yang digunakan adalah 1d12 ditambah STR Modifier Barbarian)

DM : Oke, goblin tersebut mati dalam sekali tebas. Sekarang sisa goblin. Semuanya, roll Initiative (d20 + initiative bonus)


Barbarian : 7 (6 + 1)
Bard : 18 ( 15 + 3)
Paladin : 12 ( 12 + 0)

DM : Saya roll untuk goblin, dan hasilnya adalah 14 ya. Oke, combat udah dimulai. Urutan combat sekarang dimulai dari Bard, Goblin, Paladin dan yang terahkir oleh Barbarian. Giliran pertama dimulai oleh bard.

Bard : Saya mau nembak goblin yang dibelakang pake shortbow.

DM : Silahkan Roll attack (d20 + attack bonus)

Bard : 8 (4 + 4)

DM : Karena kamu kaget dengan barbarian yang langsung menyerang, sehingga akurasi kamu agak sedikit melenceng dan panah kamu hanya kena di tembok goa.  Selanjutnya adalah Goblin. 2 Goblin akan menyerang ke Paladin, dan 2 Goblin akan menyerang Barbarian dengan shortsword mereka. (Miss karena Armor Class Goblin diatas angka 8)

lalu DM akan menggunakan d20 dadu ditambah attack modifier Goblin.

DM : Berapa armor class kalian barbarian & Paladin?

Barbarian : 14

Paladin : 17

DM : Oke, Barbarian, saya roll 15 & 16, sehingga kedua serangan masuk ke kamu dan kamu menerima 7 Slashing damage. Untuk Paladin,  saya roll 5 dan 18, sehingg kamu hanya menerima salah satu tebasan goblin , sedangkan satunya kamu bisa tangkis dengan perisai kamu. Sehingga total damage yang kamu terima hanya 4 slashing damage. Selanjutnya giliran...... 




Nah, kurang lebih, seperti itu tentang permainan D&D, terdapat social interaction, terdapat eksplorasi, dan juga terdapat combat atau berantem (ini yang biasanya disukain oleh netizen). Semuanya bisa dikemas dalam satu game bernama D&D. Udah paham? Kalo belum ayok gabung dengan server Discord DNDINDO aja nih. Admin bakal dengan senang hati ngejelasin kekalian tentang D&D. Emang sih awal-awal agak ribet, tapi lama kelamaan pasti ngerti dan jadi gampang. Makanya ayok terus pantengin DNDINDO.com



Andreas Elnatan Christian