D&D Introduction 1 : Apa itu Dungeons and Dragons?

Lord of The Ring, sebagian orang juga pasti setuju kalau  novel karangan J.R.R Tolkien ini bener-bener keren dan berkesan termasuk juga penulis sih hehehe. Siapa yang masih belum bisa move-on dari petualangan Frodo and the gang ke Mordor? Nah, penulis juga salah satu orang yang masih belum bisa dengan adventure in middle earth ini. Cerita dengan genre fantasy memang merupakan salah satu kesukaan penulis, dan dari kegemaran dengan fantasy ini, penulis menemukan suatu  hobi baru yang mengantarkan penulis ke DUNGEONS AND DRAGONS!!!


Nah buat yang belum tau nih, Dungeons and Dragons atau disingkat D&D ini, penulis nobatkan jadi game favourite penulis *jreng jreng*. Kenapa??? Karena video game apapun ga bakal bisa ngalahin fitur yang ada di D&D! Woah, woah, woah. Chill dude, penulis ga bermaksud buat menghina game kesayangan kalian, karena D&D ini bukan video game, tapi merupakan salah satu Table Top RPG alias TTRPG. Jadi kamu ga perlu buat rakit PC dengan spek tinggi atau beli konsol, cukup dengan kertas, pensil, dadu, dan juga teman. Untuk permainannya sendiri kalian cukup duduk di satu meja dengan persiapan yang udah penulis sebut tadi, kalian udah bisa maen. Terus gimana cara maennya?
Nah sebelum bisa maen, penulis bakal kasih tau dulu 2 tipe player di D&D.

The Player
  • Dungeon Master atau DM ini, merupakan otak dari D&D ini. DM akan memberi deskripsi suatu lokasi atau permasalahan atau tantangan ke player, lalu player akan memberikan deskripsi tindakan ke DM dan setelah itu DM akan memberikan hasil dan konsekuensi dari tindakan player. DM juga bertanggung jawab menyiapkan cerita dan menyiapkan rintangan serta mengontrol Non-Player Character atau NPC 
  • Player Character atau PC merupakan sekelompok petualang atau biasa disebut Adventurers yang merupakan tokoh utama dalam cerita ini. Mereka akan ditantang oleh DM untuk menyelesaikan suatu konflik, biasanya dimulai dari skala kecil seperti menjadi tentara bayaran untuk menyelamatkan seorang putri atau sekedar masuk ke hutan untuk mengumpulkan bahan yang diminta hingga konflik yang benar-benar mengancam dunia, seperti Lich yang ingin menghancurkan suatu kerajaan tempat PC tinggal.

Game Example 

 
DM : Setelah kehujanan dan berjalan dengan tergesa-gesa sambil diguyur hujan ditengah hutan. Akhirnya kalian sampai disebuah penginapan,penginapan ini terdiri dari dua lantai, kalian tahu ini karena kalian bisa melihat tangga dibelakang resepsionis. Kalian sekarang bisa melihat seorang perempuan dengan rambut kuning pirang duduk dengan tatapan kosong dan bibir yang pucat, kalian bisa sadar tubuhnya seedikit gemetar. Apa yang kalian lakukan?

Player #1 : Saya akan coba mendekati perempuan itu.

DM : Oke kamu mendekati perempuan itu, secara perlahan-lahan kamu melangkah. Namun ketika kamu sampai didepan meja resepsionisnya, kamu bisa merasakan ada sesuatu yang menetes di pipi kamu. Ketika kamu melihat ke atas, kamu bisa melihat sesosok tubuh berbulu dengan muka seperti serigala sedang melihat ke arah kamu. Player, roll Iniative!

Image result for werewolf D&D

Yang tadi merupakan salah satu contoh scene gimana PC bisa ngeliat seorang cewek yang mungkin keluarganya udah di bantai oleh werewolf. ATAU ternyata cewek ternyata merupakan kawanan dari werewolf yang bergantung di langit-langit tadi??? cuma DM yang tahu.


Nah pantengin terus dndindo.com, penulis hari ini cukup ampe disini dulu nulisnya. Untuk kedepannya penulis akan terus nulis tentang Dungeons and Dragons disini, dan doain penulis untuk segera bisa bikin forum disini, jadi nanti kalian bisa lansung nongkrong disini dan bahas D&D sama-sama!

Cheers!!!


Andreas Elnatan Christian