Yo Adventurers!
Udah
siap buat nyelamatin putri dari naga yang mengamuk? atau siap untuk masuk ke
dalam makam raja buat ngambil harta karun disana? But before that, kalian butuh
character. Bingung buatnya gimana? Sesuai janji penulis kemaren, hari ini
penulis akan ngajarin kalian tentang cara buat character pake guideline dari
penulis... So cara yang harus kalian lakukan bisa langsung kalian ikutin disini
ketika penulis membuat character Barbarian
1.
Name
Setiap petualang wajib mempunyai nama, kan ga asik kalo misal kalo kalian dipanggil player 1. Untuk player baru, umumnya kalian bisa mengisi sesuai dengan hati kalian, disini tidak ada paksaan siapa nama PC kalian, tapi alangkah baiknya apabila kalian jika bermain di campaign yang cukup panjang kalian pilih nama yang sesuai tema. Penulis sendiri menggunakan nama Hensi Goldfinger. Cukup sangar kan? hahay
2. Race, Class, Background, Alignment, Player Name &
EXP
Lanjot! Nah udah masuk tahap kedua, kalian harus tau kalian udah harus tau kalian mau pilih. Disini penulis menggunakan Race Mountain Dwarf, Class Barbarian, Background Outlander, Alignment Chaotic Good. Apa aja tu?
Class
: Barbarian Lv 1. Karena emang penulis mau pake contoh
barbarian, kalian bisa baca disini tentang fitur-fitur Barbarian
Race : Mountain Dwarf, untuk fitur Mountain Dwarf Sendiri bisa kalian baca disini ya, tinggal di click Dwarf
Background
: Outlander
- Skill Proficiencies: Athletics, Survival (Bagian 6)
- Tool Proficiencies: One type of musical Instrument (Bagian 11)
- Languages: One of your choice (Bagian 11)
- Equipment: A staff, a Hunting trap, a trophy from an animal you killed, a set of traveler’s clothes, and a pouch containing 10 gp (Bagian 4)
Alignment
: Chaotic Good, Alignment disini artinya kepribadian
dari character kamu, apakah dia jahat? apakah dia mematuhi aturan dan etika?
Ini digunakan sebagai panduan untuk roleplay kamu nanti, tapi jangan jadikan
ini patokan, karena di D&D bakal ada namanya character development.
Player
Name : DNDINDO.com. Ini digunakan buat nandain ini
character sheet kamu bukan, gitu doang sih.
Experience
Point : Untuk character baru, bagusnya di
kosongin dulu, jika sudah main nanti DM yang akan memberi tahu exp untuk
player.
3. Ability Score
- STR / Strength: Tingkat kekuatan character, makin tinggi strength makin kuat. Bisa buat dobrak pintu atau banting orang
- DEX / Dexterity : Ini level kegesitan character, DEX kamu tinggi, banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan status ini. Contohnya lompat dari atep rumah ke rumah lain.
- CON / Constitution : Nah ketahanan tubuh kamu di itung dari sini, makin tinggi constitution kamu, makin tebel hp kamu. Status paling penting buat Tank nih
- INT / Intelligence : Kecerdasan, biasanya sih dipake buat wizard. Maklumla wizard kan pelajarin spell dari buku-buku atau scroll yang dibaca.
- WIS / Wisdom : Nah ini, kayak kesadaran atau kebijaksanaan. Makin tinggi wisdom kalian makin kalian sadar akan kondisi sekitar, contohnya kamu bisa sadar jika ada orang yang memperhatikan kamu, dan juga bisa di pake untuk ngecek orang lain bohong atau ga.
- CHA / Charisma : Yang ini yang paling asik kalo kalian hobi dengan social interaction. Dengan ini kalian bisa bohong, nego dengan pedagang atau buat diplomasi. Penulis pernah nipu 1 gang burung pembunuh dengan cara ngaku sebagai utusan bos mereka.
Ability
score ini sendiri bisa dilakukan dengan 3 cara. Tapi untuk awal-awal penulis
akan jelaskan dengan metode yang paling simple aja, yaitu standard array. Sistem
standard array ini sangat simple, player akan memasukan angka ke-6 ke kolom
yang tersedia. Angka-angka tersebut tapi punya angka yang pasti, yaitu
15 -
14 - 13 - 12 - 10 - 8
Nah
sebelum kalian masukan angka itu, kalian harus tau Class apa yang akan
kalian mainkan. Contohnya nih, kalian mau maen barbarian? Tarok angka 15
di STR, karna barbarian lemah kan ga lucu, masa tukang pukul ga bisa
nonjok. Setelah itu 14 akan ditarok di CON biar badak, dan 13
di DEX, 12 di WIS, CHA 10, dan INT 8.
Karena race character ini adalah mountain dwarf, maka skor STR & CON
yang seharusnya tadi 15 akan ditambahkan 2, sehingga jadi 17 untuk STR
dan 16 untuk CON. Nah setelah angka tersebut sudah didapatkan, kalian
pun bisa mendapatkan ability modifier yang juga sudah ditentukan pastinya
sesuai dengan table yang tertera di basic rules.
Nah untuk ability modifiernya bisa diliat dari sini gambar disini. |
5. Saving Throws
| ||||||||
Nah untuk Saving Throws, kalian bisa liat di page barbarian tadi, disana dijelaskan barbarian memiliki saving throws di Strength & Constitution. Kalian boleh Tandai di lingkaran kecil d sampingnya, lalu bisa di isi dengan rumus Normal Saving Throw = Ability Modifier
Contoh nih, Strength Modifier Hensi sekarang ada di +3, maka di saving throws kalian isi 5. karena Hensi proficient di Strength Saving Throws. Sedangkan pada INT Saving Throws, modifier hensi tetap +1 karena tidak ada proficiency.
|
Untuk Armor Class Barbarian, karena Unarmored defense, barbarian mendapatkan Armor Class dengan rumus berikut:
Armor Class = 10 + CON Modifier + DEX Modifier
Sehingga hensi Armor Classnya sekarang adalah 14 (AC = 10+3+1)
Initiative Bonus sama dengan Dex modifier, jadi +1, dan speed didapatkan dari Race, Hensi mendapatkan 25 speed nya dari race Dwarf. Dengan kaki pendek dan badan berat, ya wajar aja movement speed dia jadi agak lambat sedikit hahaha
10. Language & Proficiency
Ga hanya bahasa, background Hensi dari outlander juga ngasih dia proficiency buat maenin alat musik, penulis pilih lute (semacem gitar ) buat jadi alat musik dia. Untuk Armor & Weapon proficiency, Hensi dapet dari Race Dwarf & Class Barbarian, bisa kalian baca pada page barbarian & page Dwarf yang tadi.
11. Equipment
12. Features & Traits
Ga perlu semuanya ditulis, penulis sarankan cukup yang penting-penting aja. Soalnya kan di D&D maximal level adalah level 20. Bayangin aja feat ampe level 20 itu ada brapa banyak? level 1 aja udah banyak banget makan tempat. gimana nanti klo udah level 2?
13. Attack & Spell Casting
Untuk attack bonus kalian bisa hitung dengan rumus kayak ini:
Proficient at Weapon = Proficient + STR Modifier
Non Proficient Weapon = STR Modifier
Nah, karena Hensi punya proficient disemua weaponnya, Hensi punya bonus attack +5 untuk semua weaponnya sekarang, namun apabila dia punya weapon yang dia ga proficient attack bonus nya hanya +3 aja.
14. Hit Dice
Add caption |
HP Restore = Hit Dice + Con
Jadi misal ketika Hensi terluka parah, hensi boleh ngadem dipinggir jalan selama 1 jam, dan player boleh pake hit dice untuk memulihkan sebagian HP. Tapi ga juga harus sih, semua dikembalikan ke player mau pake hit dice ato tidak.
Nah ini salah satu bagian yang penulis paling suka. Personality ini sebenernya tidak di isi pun tidak masalah. Namun alangkah baiknya jika kalian isi, personality trait ini digunakan sebagai acuan untuk kepribadian karakter kalian. Hal yang membedakan character kalian adalah personality trait ini. Kalian bisa membuat Hensi jadi pribadi yang mementingkan persahabatan atau kejayaan, kekuatan atau pengetahuan, itu semua terserah kalian. Nih penulis kasih 2 contoh kepribadian yang penulis buat untuk Hensi ya.
Nah, dari 2 versi diatas, yang mana yang kalian mau buat Hensi? Apakah kalian mau dia menjadi seorang yang menghargai persahabatan diatas segalanya atau kalian ingin melihat Hensi menjadi orang yang sangat berambisi mencapai tujuan? Penulis kembalikan kepada kalian sendiri! Yang manapun pilihan kalian tidak ada yang salah dalam D&D! Karena itu D&D beda dari game lainnya! Tapi buat contohnya, penulis jadiin Hensi orang baek kayak di manga-manga jepang ya. Ini contoh hasil jadi dari Character Sheet Barbarian yang kita buat bareng-bareng nih!
Okelah, penulis rasa cukup kayaknya tutorial dari penulis bikin character. Sekarang kalian tinggal cari grup yang main aja. Semoga bisa membantu kalian ya. kalo kalian masih bingung tentang D&D. Boleh join server Discord D&D Indonesia, penulis juga sering disana dan biasa maen secara online. Penasaran? Langsung aja check link yang ini ya dan semoga Adventure kalian seru abis!!!Click for Discord D&D Indonesia