D&D Introduction 3 : Tutorial Buat Character


Yo Adventurers!
Udah siap buat nyelamatin putri dari naga yang mengamuk? atau siap untuk masuk ke dalam makam raja buat ngambil harta karun disana? But before that, kalian butuh character. Bingung buatnya gimana? Sesuai janji penulis kemaren, hari ini penulis akan ngajarin kalian tentang cara buat character pake guideline dari penulis... So cara yang harus kalian lakukan bisa langsung kalian ikutin disini ketika penulis membuat character Barbarian


1. Name


Setiap petualang wajib mempunyai nama, kan ga asik kalo misal kalo kalian dipanggil player 1. Untuk player baru, umumnya kalian bisa mengisi sesuai dengan hati kalian, disini tidak ada paksaan siapa nama PC kalian, tapi alangkah baiknya apabila kalian jika bermain di campaign yang cukup panjang kalian pilih nama yang sesuai tema. Penulis sendiri menggunakan nama Hensi Goldfinger. Cukup sangar kan? hahay




2. Race, Class, Background, Alignment, Player Name & EXP



Lanjot! Nah udah masuk tahap kedua, kalian harus tau kalian udah harus tau kalian mau pilih. Disini penulis menggunakan Race Mountain Dwarf, Class Barbarian, Background Outlander, Alignment Chaotic Good. Apa aja tu?
Class : Barbarian Lv 1. Karena emang penulis mau pake contoh barbarian, kalian bisa baca disini tentang fitur-fitur Barbarian
  

Race : Mountain Dwarf, untuk fitur Mountain Dwarf Sendiri bisa kalian baca disini ya, tinggal di click Dwarf
Background : Outlander
  • Skill Proficiencies: Athletics, Survival (Bagian 6)
  • Tool Proficiencies: One type of musical Instrument (Bagian 11)
  • Languages: One of your choice (Bagian 11)
  • Equipment: A staff, a Hunting trap, a trophy from an animal you killed, a set of traveler’s clothes, and a pouch containing 10 gp (Bagian 4)
Alignment : Chaotic Good, Alignment disini artinya kepribadian dari character kamu, apakah dia jahat? apakah dia mematuhi aturan dan etika? Ini digunakan sebagai panduan untuk roleplay kamu nanti, tapi jangan jadikan ini patokan, karena di D&D bakal ada namanya character development.

Player Name : DNDINDO.com. Ini digunakan buat nandain ini character sheet kamu bukan, gitu doang sih.

Experience Point : Untuk character baru, bagusnya di kosongin dulu, jika sudah main nanti DM yang akan memberi tahu exp untuk player.
3. Ability Score

Sebelum kita masukin status nya, penulis akan ngejelasin status di D&D ini.
  • STR / Strength: Tingkat kekuatan character, makin tinggi strength makin kuat. Bisa buat dobrak pintu atau banting orang
  • DEX / Dexterity : Ini level kegesitan character, DEX kamu tinggi, banyak hal yang bisa kamu lakukan dengan status ini. Contohnya lompat dari atep rumah ke rumah lain.
  • CON / Constitution : Nah ketahanan tubuh kamu di itung dari sini, makin tinggi constitution kamu, makin tebel hp kamu. Status paling penting buat Tank nih
  • INT / Intelligence : Kecerdasan, biasanya sih dipake buat wizard. Maklumla wizard kan pelajarin spell dari buku-buku atau scroll yang dibaca.
  • WIS / Wisdom : Nah ini, kayak kesadaran atau kebijaksanaan. Makin tinggi wisdom kalian makin kalian sadar akan kondisi sekitar, contohnya kamu bisa sadar jika ada orang yang memperhatikan kamu, dan juga bisa di pake untuk ngecek orang lain bohong atau ga.
  • CHA / Charisma : Yang ini yang paling asik kalo kalian hobi dengan social interaction. Dengan ini kalian bisa bohong, nego dengan pedagang atau buat diplomasi. Penulis pernah nipu 1 gang burung pembunuh dengan cara ngaku sebagai utusan bos mereka. 
Ability score ini sendiri bisa dilakukan dengan 3 cara. Tapi untuk awal-awal penulis akan jelaskan dengan metode yang paling simple aja, yaitu standard array. Sistem standard array ini sangat simple, player akan memasukan angka ke-6 ke kolom yang tersedia. Angka-angka tersebut tapi punya angka yang pasti, yaitu 
15 - 14 - 13 - 12 - 10 - 8

Nah sebelum kalian masukan angka itu, kalian harus tau Class apa yang akan kalian mainkan. Contohnya nih, kalian mau maen barbarian? Tarok angka 15 di STR, karna barbarian lemah kan ga lucu, masa tukang pukul ga bisa nonjok. Setelah itu 14 akan ditarok di CON biar badak, dan 13 di DEX, 12 di WIS, CHA 10, dan INT 8. Karena race character ini adalah mountain dwarf, maka skor STR & CON yang seharusnya tadi 15 akan ditambahkan 2, sehingga jadi 17 untuk STR dan 16 untuk CON. Nah setelah angka tersebut sudah didapatkan, kalian pun bisa mendapatkan ability modifier yang juga sudah ditentukan pastinya sesuai dengan table yang tertera di basic rules. 

Nah untuk ability modifiernya bisa diliat dari sini gambar disini.


4. Proficiency Bonus & Inspiration
Nah, proficiency bonus ini sangat-sangat gampang, kalian cukup liat pada table character advancement aja, dan karena masih level 1, kita isi aja proficiency bonus +2 aja. Untuk level-level berikutnya akan otomatis bertambah, yak seperti biasa udah tertera pada table Character Advancement pada Basic Rules
   
5. Saving Throws



Nah untuk Saving Throws, kalian bisa liat di page barbarian tadi, disana dijelaskan barbarian memiliki saving throws di Strength & Constitution. Kalian boleh Tandai di lingkaran kecil d sampingnya, lalu bisa di isi dengan rumus


Proficient Saving Throw = Ability Modifier + Proficiency Bonus 

Normal Saving Throw = Ability Modifier

Contoh nih, Strength Modifier Hensi sekarang ada di +3, maka di saving throws kalian isi 5. karena Hensi proficient di Strength Saving Throws. Sedangkan pada INT Saving Throws, modifier hensi tetap +1 karena tidak ada proficiency.



6. Skills



Sama kayak Saving Throw, Skills rumusnya juga sama, bedanya skills ini lebih sering dipake ketimbang saving throws. Dan punya atribut tertentu sesuai yang ada pada character sheet.



Proficient Skill = Ability Modifier + Proficiency Bonus 

Normal Skill = Ability Modifier

Nah, dari background, Hensi mendapatkan skill Athletic & Survival, dan dari Class barbarian kita boleh milih 2 dari animal handling, athletics, intimidation, nature, perception atau survival. Penulis disini mau ambil skill intimidation dan perception. Jadi total skill yang kita punya adalah Athletic, Survival, Intimidation & Perception, lalu kita boleh tandain di character sheetnya






7. Passive Perception (PP)

Passive Perception bisa langsung kita hitung dengan rumus:

Passive Perception = 10 + Skills Perception

Disini Hensi punya skor +5 pada skill Perceptionnya, sehingga jika ditambah 10 skor PP nya sekarang adalah 15



8. Hit Point (HP)



HP dibedakan masing-masing oleh class, dan di support oleh CON modifier, untuk barbarian, memiliki hit dice tertinggi yaitu 1d12. Jadi pada level 1, Barbarian memiliki HP dengan rumus seperti berikut:

HP Barbarian At Level 1 = 12 + Con Modifier

Hensi juga sekarang memiliki Con Modifier sebesar +3, sehingga total HP Hensi sekarang adalah 15.

9. Armor Class (AC), Initiative Bonus & Speed


Untuk Armor Class Barbarian, karena Unarmored defense, barbarian mendapatkan Armor Class dengan rumus berikut:

Armor Class = 10 + CON Modifier + DEX Modifier

Sehingga hensi Armor Classnya sekarang adalah 14 (AC = 10+3+1)

Initiative Bonus sama dengan Dex modifier, jadi +1, dan speed didapatkan dari Race, Hensi mendapatkan 25 speed nya dari race Dwarf. Dengan kaki pendek dan badan berat, ya wajar aja movement speed dia jadi agak lambat sedikit hahaha





10. Language & Proficiency


Nah, buat language. Bahasa di dunia D&D ini bukan cuma 1, ada bahasa common bahasa yang paling sering dipake, dan masih banyak bahasa lainnya. Buat hensi, karena race dia Dwarf, dia udah bisa ngomong dengan bahasa Common & Dwarvish, sedangkan karna backgroundnya yang Outlander, dia mendapatkan 1 bahasa tambahan yaitu Giant.

Ga hanya bahasa, background Hensi dari outlander juga ngasih dia proficiency buat maenin alat musik, penulis pilih lute (semacem gitar ) buat jadi alat musik dia. Untuk Armor & Weapon proficiency, Hensi dapet dari Race Dwarf & Class Barbarian, bisa kalian baca pada page barbarian & page Dwarf yang tadi.



11. Equipment
Equipment disini didapatkan dari background dan class kalian. Hensi dapet dari outlander & barbarian sehingga equipment yg tertera sekarang seperti ini:









12. Features & Traits

Fungsi Feature & Traits sebenarnya cuma sebagai pengingat dari fitur-fitur character kalian apa aja. Kalian boleh memasukan apa aja kedalem sini, namun penulis pribadi biasanya hanya masukin rangkuman dari feat yang kita punya. Features & Traits penulis biasanya nulis seperti ini.

Ga perlu semuanya ditulis, penulis sarankan cukup yang penting-penting aja. Soalnya kan di D&D maximal level adalah level 20. Bayangin aja feat ampe level 20 itu ada brapa banyak? level 1 aja udah banyak banget makan tempat. gimana nanti klo udah level 2?











13. Attack & Spell Casting

Setiap serangan yang akan kamu lakukan ada baiknya kamu catat disini, setiap senjata yang kamu punya mempunyai tingkat damage yang berbeda. 

Untuk attack bonus kalian bisa hitung dengan rumus kayak ini:

Proficient at Weapon = Proficient + STR Modifier

Non Proficient Weapon = STR Modifier

Nah, karena Hensi punya proficient disemua weaponnya, Hensi punya bonus attack +5 untuk semua weaponnya sekarang, namun apabila dia punya weapon yang dia ga proficient attack bonus nya hanya +3 aja.

Untuk damage juga punya hitungan yang berbeda. Contohnya greataxe mempunyai damage 1d12+STR. Spell casting attack jg boleh kamu catat disini, namun karena Hensi seorang barbarian maka dia ga punya spell, jadi cuma bisa ngamuk sambil mukul orang doang. Untuk atribut senjata lengkapnya kamu boleh cek langsung kesini: Weapon


14. Hit Dice
Add caption
Hit dice, ini di isi sesuai dengan level character, ya karena Hensi masih level 1 kita cukup isi 1 aja. Fungsi hit dice sendiri adalah mengembalikan sebagian hp ketika kamu melakukan istrahat atau biasa disebut dengan Shortrest. Setiap hit dice yang dipakai bisa mengembalikan HP dengan rumus:

HP Restore = Hit Dice + Con 

Jadi misal ketika Hensi terluka parah, hensi boleh ngadem dipinggir jalan selama 1 jam, dan player boleh pake hit dice untuk memulihkan sebagian HP. Tapi ga juga harus sih, semua dikembalikan ke player mau pake hit dice ato tidak.

15. Personality 
Nah ini salah satu bagian yang penulis paling suka. Personality ini sebenernya tidak di isi pun tidak masalah. Namun alangkah baiknya jika kalian isi, personality trait ini digunakan sebagai acuan untuk kepribadian karakter kalian. Hal yang membedakan character kalian adalah personality trait ini. Kalian bisa membuat Hensi jadi pribadi yang mementingkan persahabatan atau kejayaan, kekuatan atau pengetahuan, itu semua terserah kalian. Nih penulis kasih 2 contoh kepribadian yang penulis buat untuk Hensi ya.



Nah, dari 2 versi diatas, yang mana yang kalian mau buat Hensi? Apakah kalian mau dia menjadi seorang yang menghargai persahabatan diatas segalanya atau kalian ingin melihat Hensi menjadi orang yang sangat berambisi mencapai tujuan? Penulis kembalikan kepada kalian sendiri! Yang manapun pilihan kalian tidak ada yang salah dalam D&D! Karena itu D&D beda dari game lainnya! Tapi buat contohnya, penulis jadiin Hensi orang baek kayak di manga-manga jepang ya. Ini contoh hasil jadi dari Character Sheet Barbarian yang kita buat bareng-bareng nih!


Okelah, penulis rasa cukup kayaknya tutorial dari penulis bikin character. Sekarang kalian tinggal cari grup yang main aja. Semoga bisa membantu kalian ya. kalo kalian masih bingung tentang D&D. Boleh join server Discord D&D Indonesia, penulis juga sering disana dan biasa maen secara online. Penasaran? Langsung aja check link yang ini ya dan semoga Adventure kalian seru abis!!!Click for Discord D&D Indonesia

Andreas Elnatan Christian