D&D Introduction 2 : Rules Dasar (Free & Legal)

 Yo Adventurers! Buat kalian nih yang baru mau mulai maen, sini penulis ajarin caranya, gampang kok. Tapi ya karena D&D ini termasuk TTRPG, maka ada rule yang harus kalian tau sebelum mulai maen. Rule nya sendiri bisa kalian langsung download gratis disini:  



Basic rules diatas dibagi menjadi beberapa bagian, sini penulis jelasin satu-satu.
  1. Buat Karakter atau PC, buat maen ya kamu harus ada  karakter. Caranya bisa dibaca di part 1 disini. Buat karakter kamu sendiri, kamu bisa pilih dari banyak Race (ras) yang ditawarkan, ada human, dwarf, elf, halforc dan lainnya. Kamu juga bisa milih dari Class (kelas) yang ada, kayak Barbarian, Bard, Cleric, Fighter, Wizard dan lainnya. Dan yang ga kalah penting ada Background & Equipment juga lho.
  2. Rule  yang lebih detail dalam game, kalo yang ini sebenernya ga wajib-wajib amat sih. Banyak orang yang pernah main dengan penulis ga ngerti rule nya, dan sebagai DM yang baik (cielieh) penulis yang akan menjelaskan kepada mereka gimana dan apa yang harus dilakukan.
  3. Magic, siapa yang demen maen Magic User disini? Nah D&D juga kalian tetep bisa pake magic lho, bahkan variasi nya udah banyakkkk bingits. Sampe sekarang penulis aja ga hafal semua spell-spell di D&D, mohon dimaklumin ya :p
  4. DM Tools, ini jadi semacam alat bantu buat DM. Ga penulis saranin buat player baru. Lebih baik kalo kalian masih baru, kalian langsung maen ama DM yang pengalaman aja, nanti lama-lama pasti juga bisa. Penulis juga dulu kayak gitu, sans aja.
Kalian ga harus baca semuanya, yang penting sih kalian mau baca aja. Cara paling mudah buat belajar, kalian cukup dateng dan join game doang! Penulis yakin DM-nya pasti mau ngajarin kok! Sayangnya sekarang D&D belum mempunyai rules khusus dengan bahasa indonesia, semoga aja kedepannya dibuatin oleh WOTC ya!

Selain itu, kalo kalian masih bingung tentang pembuatan character, ga pake ribet dan ga pake pusing, kalian cukup download aja dari sini, print, lalu cari game yang buka and play!!


Character sheet ini sendiri fungsinya buat mengingat kemampuan character kalian ngapain aja, disana bakal ada skill, ability score, dan feats yang bisa kalian baca dan aplikasikan ke game kalian. Gampang kan? So pantengin aja terus, besok penulis akan buat tutorial bikin character buat kalian ya, jadi kalian bisa bikin character dan siap buat maen!
Cheers!

Andreas Elnatan Christian